In Ceritaku

Cerita Awal Tahun 2020; Dilema 30haribercerita, Sampe Galau Ditolak Pas Ngelamar Kerja

Halo 2020,
Ini tulisan blog pertama yang gue buat, dan gue akan memulai tulisan pertama di 2020 ini dengan sebuah cerita.

Sebenernya gue termotivasi dengan postingannya 30haribercerita yang isinya seolah-olah menampar gue untuk kembali menceritakan kejadian-kejadian dalam diri gue dalam bentuk narasi tentunya, bukan cuma story whatsapp dan instagram yang bakal hilang setelah 24 jam. Kalimat sakti tersebut bunyinya: "apa jadinya kalau semua itu ngga diceritain?"

Gue memang sebelumnya aktif menulis di buku diary gue, tentang kisah-kisah yang gue alamin dalam hidup gue. Biasanya gue suka kasih ilustrasi gambaran acakadut atau gue tempelin kenangan dari momen-momen yang terjadi. Kadang nulis setiap malem, kadang dua hari sekali, kadang tiap ada moment sehari bisa tiga kali. Begitu terus sampe buku diary gue habis. 

Tapi sejak buku diary gue habis dan gue suka flashback baca isi diary gue, kadang gue suka ngerasa diingetin ama buku diary gue tentang ke-bego-an gue dalam banyak hal. Misalnya pas gue jadi bucin, pas gue lagi teledor, pas gue lagi kesel, atau pas gue lagi seneng. Tapi masalahnya buku diary kan tempat curhat, tuh. Ya gue lebih sering ngeluarin unek-unek tentang kisah sedih gue dibanding kisah senang gue. Alhasil, kalo kebanyakan baca buku diary, berarti gue kebanyakan membuka kenangan menyakitkan, dong. Akibat berfikir seperti itu, maka gue berhenti buat nulis cerita di buku diary. 

Dan sebenernya gue juga ngga tau, apakah dengan berhenti menulis di buku diary artinya berhenti belajar merangkai kata. Soalnya bahasa yang gue pake di buku diary bener-bener bahasa sederhana. Dimana seolah-olah gue lagi cerita ke objek di depan gue aja. Bedanya, yang gue jadiin tempat cerita ya benda mati, gitu. 

Sementara itu kalo gue ikutan challenge 30haribercerita, gue ngga pede aja buat nyeritain apa yang gue rasain ke publik. Soalnya gue kadang-kadang perfeksionis, sih. Jadi karna gue merasa tulisan yang harus nongol di feed ig gue adalah kalimat yang narasinya sempurna, jadi gue ga mau ikutan 30haribercerita. 

Abisnya gue juga kadang suka minder liat tulisan orang-orang yang ikut challenge itu narasinya gile keren banget. Pemilihan diksinya bagus, kadang bersajak, kadang puitis. Lah gue kalo nulis bisanya ya kaya bahasa-bahasa ringan gini aja. Paling bumbunya cuma umpatan ama makian aja. Ngga kek yang lain itu. Dibumbui kalimat hikmah, hadis, atau ayat alquran.

Tapi sebenernya gue setuju, gitu sama kalimatnya 30haribercerita yang nyentil hati gue itu. Gue kadang mikir juga: kalo engga diceritain, trus gimana ya? Lah iya bener, sejak gue berhenti nulis diary kan gue jadi ngelupain begitu saja hari-hari gue yang lalu itu. Bahkan kadang kenangan manis yang harusnya gue inget-inget detail kejadiannya malah ngga gue inget sama sekali, meskipun sekilas jebret aja. Ya misalnya jalan-jalan ama cowo gebetan gue, trus jalannya kemana, trus kejadiannya gimana, trus hal romantis yang bikin gue tersenyum manis (cuih) gimana, itu semua ga ada dalam ingatan gue. Paling cuma inget; oh iya, gue pernah kesini ama gebetan gue, udah.

Kenapa gitu? Ya abisnya gue kalo nulis di diary emang bener-bener sedetail dan se-blak-blak-an itu. Tapi gue pengennya kalo ikutan nulis 30haribercerita narasinya positif, bermakna, ilustrasinya indah. Kan gue ga mungkin juga curhat blak-blakan sama semua orang. Privasi gue kan bukan untuk konsumsi publik. Karena emang gue sukanya share hal-hal bahagia aja di sosmed gue. Ya pahit-pahitnya biasa gue pendem aja di hati gue. Makanya tuh followers gue bilangnya idup gue main terus. Setelah ini jangan lagi anggep hidup gue seindah itu yak, jangan.

Pasti kalian pengen bilang; "lo kan bisa aja ikutan challenge 30haribercerita dan ceritain hal-hal positifnya aja, kaya yang lo mau." Ya tapinya lagi gue cuma mau upload di feed instagram muka gue aja, soalnya kata orang; "you're really love your self," gara-gara gue upload gambar diri gue doang.

Sebenernya ngga gitu juga gaes, gue tuh kebetulan suka seni dan fotografi termasuk dalam kecintaan gue meskipun gue ga ikut kelas IPSC. (Eh, hasil jepretan gue aja banyak yang lebih bagus daripada hasil jepretan anak ipsc. Ciye sombong, haha). Jadi menurut gue, kadang kalo foto berdua, bertiga, berempat, dst pasti ada ketidak-adilan disana. Pasti kebanyakan dari kita cuma milih gambar bagus versi kitanya aja, bukan versi dianya. So, ngga heran deh biasanya si pemilik akun upload foto yang dianya lagi cakep, trus temennya lagi melongo gitu. Ada, cek aja...

Haha, gue alesan terus ya. Yaudah, sih tinggal bilang aja; "lo ga mau ikutan 30haribercerita, udah gitu." Kalian pasti geregetan pengen bilang gitu.

Tapi yaudahlah intinya begitu, dan sekarang gue mau cerita yang terinspirasi dari 30haribercerita, tapi bedanya: gue nyatuin semua jadi 7hari1cerita.

Ini ceritanya tentang kisah gue selama 7 hari ini, ya: sejak 31 Desember sampe 6 Januari. Lah ngapa ngga dibikin 1 Januari ampe 7 Desember aja?. Soalnya gue lagi tiba-tiba mood nulisnya pas hari ke 5 Januari masuk ke 6, gitu.

Ceritanya tuh: tanggal 31 gue lupa sih ngapain aja, tapi maghribnya gue ke KPP Maba, trus ke Hanania, trus ke Cairo Festival City Mall, buat tahun baruan disana. Eh tapi bujugile itu CFCM udah kek pasar, lautan manusia tumpah disana. Untung mallnya ngga ambruk nampung beban sekian banyaknya manusia. Jadi di tempat air mancur itu ada pertunjukan gitu. Dekorasinya lumayan bagus lah, tata letaknya juga oke. Ornamennya meriah, tapi sound systemnya menurut gue kurang oke sih. Biasanya konser kek gitu di Indonesia suaranya membahana banget sampe kemana-mana. Itu mah gue agak jauh dari sana juga udah kaga jelas suaranya kek mana.

Tapi gue ngga ngerekomendasiin kalian buat tahun baruan di luar rumah, terutama di Mall sih, (kalo kalian di Mesir). Biasanya kan gue ujian, jadi tahun baruan di rumah aja, kebetulan karna gue ngga ujian ya gue jalan-jalan dong. Bertaun-taun di Mesir emang ga pernah keluar buat tahun baruan dakumah. Emang karena males kena dingin juga sih.

Trus gue ama temen-temen, balik ke rumah jam 2-an. Nyari uber lagi high fare banget, masa 170-an dari sana ke rumah Bawabat 3, trus ke rumah gue, trus ke Sadis. Kan kek harga mau jalan-jalan ke luar Kairo. Yaudin alhasil kita naik bus tua, berdiri, dan salah satu dari kita berdiri pas banget di depan pintu sambil bertugas membuka pintu pas ada orang mau turun. Persis kek kernek bus mayasari. Soalnya dia juga bilang; "Lebak bulus... Pondok Indah... Kebayoran lama..."

Trus tanggal 1 nya gue masak cireng dan cilok di rumah. Kemudian main ke kantor Wisma Nusantara. Kemudian ngafe di Misr el-Kadima, kemudian mampir beli kentang di toko sayur, kemudian ke Homestaynya kak Bram soalnya ada temennya Imasi yang di Saudi, datang ke Mesir dan nginap disana. Kemudian jam 12an kita balik ke rumah. 

Lalu tanggal 2 nya, gue ke percetakan mau cetak invoice. Eh, udah lama pelayanannya, ngga bisa pulak ujung-ujungnya. Trus jadinya gue ama Imasi makan siang ke Papay, resto favorit jaman masih maba. Trus ke We buat benerin Wifi, trus pulang buat bikin desain Invoice yang baru. Trus ke percetakan, trus ke Hanania. Numpang manasin badan sekaligus perbaikan gizi. Soalnya gue kalo kesana biasanya banyak makanan. Kemaren aja ada pizza, ada fatiroh syukulata, ada banyak lah pokonya. Ngga kaya di rumah gue yang ga ada apa-apanya itu. Hihi....

Nah, tanggal 3 nya gue goreng kentang, trus gue ke KPP Maba. Trus ke Ampera, trus pulang ngelanjutin masak kentang kering buat lauk adik-adik selama ujian. (Uwaw, bener-bener kakak kelas yang solutif- dengan memasak lauk kering akibat tiada yang masak). Udah sih keknya gitu.

Pas tanggal 4 nya, gue ke Ramsis. Nurutin Imas yang tetiba ngambek pengen kabur ke Luxor. Untungnya tiket keretanya abis jadi ngga berangkat deh. Trus kita makan siang di Nile Restaurant. Trus bikin surat agazanya imas, trus ke JS nganterin surat agaza, trus ke CFCM. Disana kita ke Ikea cuci mata sambil cerita-cerita. Trus makan di food court. Trus ngobrol panjang lebar sampe hampir jam 12. Trus pulang.

Tanggal 5 nya gue ke Citystars jam 3an. Numpang makeup an gratis di Yves Rocher, trus numpang handbody an di The Body Shop. Makan sushi di Mori Sushi, trus ke Starbucks, trus ke LC Waikiki, trus nganter Imasi cari tas di toko apa au lupa aku namanya. Trus ke kibdah Syarqowi, trus mampir ke Tauhid Wa Nur buat beli sakhona ama mesin cuci. Kemudian kita pulang ke rumah.

Nah, pas di rumah setelah membersihkan muka dari debu-debu dan make up yang menempel, kemudian cerita-cerita ama Imasi. Tiba-tiba gue keingetan azzam gue yang tadi pas makan sushi begitu kuat untuk menulis cerita di blog. Maka keinginan gue itu gue realisasikan saat ini. Sambil meringkuk di dalam selimut, nulis di blog pake hp. Sambil mikir-mikir ada detail apa yang terjadi di 2020 ini dan harus gue ceritain.

Kata imasi, kak Umar seneng diajak jalan-jalan seharian tadi. Katanya ngga ada anak akar yang bisa dijadiin seru-seruan kek kita. Yaiyalah, pasti ngga ada kan, yang bilang; "eh mampir yves rocher dulu yu, make lipstik ombre gratis," atau "kaka berniat ganti style ngga biar kek anak muda gitu?." Padahal bahasa kasarnya; "ganti style dong kak biar nampak 10 tahun lebih muda. Itu kk begitu mirip bet roy kiyosi."

Anak akar juga pasti ngga ada yang kek gue, yang dengan PD nya bilang; "kita ke LC Waikiki aja yuk. Numpang poto-poto pake atributnya dia." Lalu beginilah hasil cekrak-cekrek kita semalem:




Oiya kelamaan di LCW gue jadi galau gara-gara jatuh cinta ama tuniknya yang black n white itu. Yang cantiknya masha allah. Kalo yang gantengnya masha allah cukup si dia aja, si cowo kece gebetan gue. Hehe.

Sampe detik ini, gue masih terngiang-ngiang bentuk tunik itu. Trus abis itu langsung terngiang-ngiang juga; gue abis patungan 540 le buat beli mesin cuci ama sakhona. Kemudian angan-angan backpackeran ke Luxor-Aswan seminggu juga berkeliaran di depan muka gue. Fiks, gue ga jadi nyesel ngga beli tunik cans kesukaanku itu.



Kalo cerita tanggal 6 nya baru dikit gengs; inget hari ini Syekh Ahmad Toyyib, Grand Syekh Azhar atau disebutnya di Indonesia apa ya, hmmm Imam Besar atau Pimpinan Utama, eh nggak... ya intinya beliau itu orang nomor satu di al-Azhar, gitu, beliau ulang tahun hari ini. Dan gue sebagai murid beliau, gue mengucapkan selamat ulang tahun dan doa-doa baik untuk beliau. Juga doa-doa baik biar gue bisa ketularan alimnya beliau. Minimal gue bisa ketularan; s2 di Sorbone University, kan. Amin...

Hmmm... apalagi ya?!... ah ya, tetiba gue inget pengen ngelamar kerja di KBRI yang pas itu buka lowongan. Tapi temen-temen gue bilang gue bukan tipe pekerja kantoran. Katanya, kalo kerja di kantor kek KBRI gitu, bakat gue ngga berkembang. Singkatnya, mereka seolah menyatakan menolak keinginanku untuk ngelamar kerja. 

Trus salah satu dari temen baik gue, sebut saja si Re, nyuruh gue jadi influencer. Dia juga nyaranin biar gue ganti nama panggilan jadi ifa, plus menasihati gue biar jadi lebih kalem. "Sering-sering upload aja. Feed instagram kamu bagus, kok. Caption-caption kamu juga bagus. Kamu cocoknya kerja kaya gini nih. Udah, ayok, jadi youtuber aja biar bisa ngalahin int*nk*cet. Kamu kan kreatif, pasti video kamu konten keren semua ngga kek dia yang kontennya sampah semua."

Seketika kalimat itu bagai air es yang menyirami hidup gue yang butuh uang. Gue jadi semangat lagi menjalani hariku yang kata orang seindah di sosial media. 

Itu cerita 7 hari gue. Bukannya ngga sengaja gue ngga taro kisah cinta gue disitu. Suer, gue jomblo cyin. Ya maklumlah. Kalo kamu, ceritanya udah ngapain aja sejak tahun baru?

Related Articles

0 comments:

Post a Comment