In Ceritaku

Tentang Hal-hal yang Tidak Terjadi di depan Mata


Akhir-akhir ini gue sedang merasa hilang kepercayaan ke temen-temen gue. Gue ngerasa kalo yang namanya temenan itu cuma sebatas saat ada butuh. Dan yang namanya sahabat itu ngga beneran ada alias cuma ilusi. Ya simpel aja, manusia sebagai makhluk sosial yang ngga tinggal sendirian di bumi kan harus berinteraksi satu sama lain. Kadang di situasi tertentu interaksinya jadi lebih sering karena ada kebutuhan disana. Simbiosis mutualisme lah. Pertemuan lebih intens, interestnya sama. Lalu timbullah keakraban.

Keakraban ini beberapa orang menyebutnya persaudaraan antar agama, persaudaraan lintas agama, temen, sahabat, dan semacamnya. Tapi gue pribadi lebih senang menyebutnya dengan memanusiakan manusia saja, males nyebut karib. Soalnya mereka yang intens berinteraksi dengan gue lebih sering menyebabkan keributan di luar sana.

Diantara keributan yang ditimbulkan orang-orang di circle -lagi2 menghindari kata teman- gue adalah:
1. Nganggep gue toxic dan menyebarkan rumor itu ke orang-orang, setelah kebaikan yang gue lakuin ke dia.

Kebetulan orang ini akrab sama gue, gue udah lama kenal dia. Dan orangnya ini materialistis banget, cuma nilai sesuatu dengan apa yang dilihat dia. Ya gue maklum aja, dia juga pernah nganggep temennya yang lain toxic juga cuma gara-gara masalah berisik, kok. Jadi gue ngga heran dia bakalan begitu juga ke gue.

Tapi gue ngga nyangkanya aja dia sampe seserius itu marahnya sama gue. Sampe ngeblokir nomer gue, cuy. Gile bener ni orang. Wkwk...

Padahal, kesalahan gue hari itu cuma satu, eh, dia ungkit-ungkit semua kejadian yang terjadi diantara kita dari zaman dahulu. Dan jujur aja, dulu kesalahan gue juga cuma satu, dia sebarkan rumor itu ke orang-orang juga. Padahal diantara kebaikan gue adalah; menafikan semua omongan orang-orang yang menganggap bahwa dia gila.

Sore itu, sepulang dars di salah satu tempat talaqi di sabi, temen gue bilang:
"Eh, dia gila kali ya" katanya
"Ha, maksudnya gimana?" Tanya gue
"Dia masa nanya; kenapa muhammad bisa jadi nabi," jawabnya
"Ah, biasa dia mah nanya kaya gitu. Dia ngga gila kok," kata gue saat itu.

Dan yang nganggep dia gila itu bukan cuma satu orang, banyak, coy. Dan gue selalu bilang dia baik-baik aja. Kan, kamfret banget kalo dia nganggep gue ngga punya kontribusi apapun dalam kehidupan dia. Allah yahdiik...

Karena orang-orang yang menganggap dia gila ngga ngomong di depan mata dia, artinya dia ngga tau dong kontribusi gue dalam membantu dia saat itu. Yaudah intinya dia nganggep semua itu ngga kejadian. Well, ngga semua kejadian yang ngga dilihat mata lo itu ngga kejadian, mbak. Camkan baik-baik ya.

Lalu gue males berpanjang lebar menyatakan semua detail ini. Apapun yang gue katakan, gue yakin dia ngga percaya. Buang-buang waktu gue aja buat ngejelasin semua itu.

Ya semoga aja Allah buka mata hati dia, dan menyadari bahwa kebaikan-kebaikan -yang ngga gue sebutin di sini- itu pernah gue lakuin ke dia. Semoga dia sadar bahwa gue sebaik itu. Baik karna ga sebut nama dia, juga baik karena ga sombong dan nyebutin semua kebaikan gue disini.

Next, keonaran yang ke 2 yang ditimbulkan oleh temen gue adalah; screenshoot sebagian dari percakapan gue.

Kejadian ini viral di beberapa kalangan masisir yang lambenya bener-bener turah. Kejadiannya baru-baru ini. Ceritanya; ada seseorang yang berkomentar tentang ujian banat lebih gampang dari ujian banin. Dan gue, sebagai orang yang punya prinsip: 'Julid and gas is the way of life' gue screenshoot dan gue tepis semua anggapan itu di story whatsapp gue yang mana kontaknya cuma sedikit. Jadi sudah dipastikan orang-orang yang ada di circle itu adalah orang-orang yang punya banyak kepentingan dengan gue, -menghindari kalimat karib, wkwk- Tapi, begonya gue saat itu gue lupa ngehapus nama orang itu, dan pas gue sadari, nasi telah berubah jadi bubur. Gue bukan doraemon yang punya mesin waktu. Jadi komentar gue itu udah viral duluan, gaes.

Kok bisa? Ya bisa, soalnya ada salah satu orang yang kita saling save nomer, dia  yang screenshoot semua itu dan memberikannya kepada si empunya komentar. Lalu terjadilah adu bacot yang sengit di instagram dan twitter dia. Tapi yang ngebacot bukan gue, dia ama temen-temen lambe turahnya. Wkwk.

Masalahnya, gue itu kan sampe semacam bikin thread gitu di whatsapp story gue tentang pembelaan atas ujian banat vs banin itu, eh itu orang cuma ss 2 halaman aja. Padahal gue nulis sampe 5 halaman.

Padahalnya lagi, gue nulis itu dengan bahasa yang biasa-biasa aja, intonasinya juga intonasi ngejulid campur ngelucu, dibumbui dengan emoticon-emoticon lucu juga. Eh, emang dasarnya kita semua kurang banyak istighfar, terjadilah emosi yang meluap-luap itu.

Dan gue rada ga abis pikir sih, ni orang kan kenal sama gue, tau sikap gue gimana, biasa denger gue ngomentarin hal-hal du sekitar gue dengan nada seperti apa, kok tega ya beginian aja dipermasalahin. Ya gue tau gue salah, dan gue salah besar. Tapi ya,,,, ah sudahlah.

Kemudian dari pada itu, maksud gue nulis itu ya murni buat ngejaga harokat dan martabat gue sebagai anak al-Azhar yang baik. Nih, ya gue kasih tau; soal ujian anak lugoh itu pernah lebih penuh dari pada soal ujian banat syariah yang viral pada masa itu. Tapi kami sebagai anak lugoh yang tunduk dan patuh terhadap perintah dukturoh ya cuma bisa ngejawab soal dan ngedumel dalem hati gegara soalnya kebanyakan. Ampe pegel nulis jawabannya.

Lalu poin selanjutnya, gue juga mau ngejelasin bahwa banat banyak yang mumtaz atau jj bukan karena soal ujiannya gampang, tapi karena gue fikir banat lebih serius belajarnya daripada banin. Coba kita perhatiin; banin kalo ujian masih nyempetin maen game online, masih nonton pertandingan bola klub kesukaannya, juga masih sempet nongkrong di kafe buat ngomongin ughtea-ughtea kesukaannya. Duhai kalian anak-anak laki, ngaku dah.

Ditambah lagi, anak banin punya banyak entertaiment di rumahnya seperti PS, Komputer layar lebar, belum lagi Televisi yang udah diisytirokin bein biar puas nonton bola. Iya, kaga? Coba banat; paling hidupnya cuma punya wifi ama laptop sederhana. Udah.

Ditambah lagi, anak banat itu banyak loh yang rajin kuliah, meskipun yang males dan ngga pernah kuliah juga ada. Coba kalo anak banin, paling ngga sebanyak banat. Mau bukti? Coba kita pekerjakan senat untuk buat riset tentang hal ini. Lalu kalau hasil risetnya membuktikan bahwa banat banyak yang jj dan mumtaz karena soal ujiannya gampang, silahkan hujat gue abis-abisan.

Bahkan kalau kalian tahu, dukturoh-dukturoh di kuliah banat jurusan bahasa arab kek gue ini dikenal dengan dosen-dosennya yang killer seperti Dukturoh Nadiyah, Dukturoh Nabawiyah, juga Dukturoh Ummu Ahmad. Bahkan dukturoh lain kalo ngga sekiller beliau-beliau ini yang jago ngasih soal maut pas lagi ujian, jago ngasih tugas yang wajib dikumpulin. Salah satunya adalah Dukturoh Ummu Ahmad. Eh gaes, perlu diperhatikan bahwa disini gue engga mau merendahkan atau marah-marah kepada beliau dukturohku terhormat. Tapi gue cuma ngasih taukid dan bukti bahwa omongan gue itu bener.

Bahkan, Dukturoh Ummu Ahmad ini rajin ngasih tugas bahs dan kalo kalian ngga ngumpulin, mati sudah. Kelar hidup lo. Beliau beneran nagihin ke ruang ujian. Masuk kelas satu satu nanyain siapa yang belom ngumpulin tugas, kumpulin abis ujian ke ruangan beliau. Ini cerita real adanya, gaes. Jangan mentang-mentang anak syariah yang paling dominan itu ngga mengalami kejadian ini, lantas menganggap bahwa anak lugoh lebay. Eh trus gue pas mau ujian dibully; "eh, mau ujian, ya... semangat.. ujian anak lugoh kan katanya susah gitu. Wkwk" dengan nada cibiran yang, njir pen gue kuncir itu mulut.

Kemudian juga kisah tentang dosen-dosen banat galak yang suka ngancem ngurangin nilai ujian kalo masih pada berisik pas lagi ada kelas, itu juga beneran kejadian. Mungkin konteksnya dengan tidsk mengurangi poin, tapi dengan memperketat standar kesempurnaan jawanan dari tiap-tiap soalnya. Ngga percaya? Lihat tu nilai-nilai anak lugoh di matkul tertentu. Rata-rata bawa madah, yang maqbul udah pada sujud syukur, dan yang mumtaz cuma banat masri yang tiap muhadoroh selalu duduk di meja depan dukturoh. Wkwk... Jika anda tidak percaya, silahkan tanyakan kebenarannya kepada anak-anak lugoh yang limited edition itu.

Kemudian poin selanjutnya yang pengen gue sampein adalah; gue pengen menghapus stigma bahwa sistem kuliah di azhar jelek; terbukti dengan tidak adanya tugas. Well, itu sudah gue kasih bukti di atas gaes. Gue yakin juga ada rahasia dibalik kenapa dukturoh ga ngasih kalian tugas; soalnya kalian pasti ngga ngerjain. Wkwk.

Gue suka sebel, nih sama orang-orang yang sok ngisi acara felari ppid dan bilang kalo sistem kuliah di azhar ga wajib masuk kelas, ga ada tugas, yang penting bisa jawab pas ujian trus lo bakal lulus, gitu. Well, kuliah itu wajib, lo nya aja yang males. Azhar ngga ngasih absen ya biar liat kesungguhan lo dalam belajar. Wkwk, sesimpel itu gaes.

Gue harap setelah ini kelean yang suka sok ngartis dengan bikin qna di instagram seputar perkuliahan di azhar ngga lagi-lagi bilang negatif-negatifnya ngampus di azhar.

Sampe sini kalian ngerti kan gaes, maksud dari judul tulisan ini; hal-hal yang ngga kejadian di depan mata lo bukan berarti itu ngga kejadian, lagi-lagi berlaku ya gengs.

Lalu, diatara hal yang bikin gue ngedown banget saat itu juga adalah; komentar pedas anak-anak masisir kekinian yang omongannya udah kek netijen di indonesia, gitu. Julid abis, gaes. Pedes, nyakitin, nyelekit, tajam, menusuk, gue tuh ngerasa sedih banget baca hujatan dan komentar mereka, gitu. Mungkin begini rasanya jadi artis -meskipun gue bukan artis- yang dihujat netijen di sana-sini. Kalo kalian tau, gue udah kek orang depresi gitu loh. Gue diem aja, kek orang sakit mental. Dan jujur, gue sakit hati banget.

Gue tau bahwa dengan itu gue harus lebih menjaga tangan gue dari berkomentar, tapi gaes -lagi2 membuat pembelaan- kalian tau gimana aku, kan. Tolong dong jaga aku dan jangan sakiti aku.


Kemudian keonaran ke3 yang dibuat orang-orang di sekitar gue adalah: tentang hal-hal yang konsumsi publik dan bukan konsumsi publik. Maksudnya gini; rahasia dan umum, gitu. Hmm gini gaes, biar kusederhanakan semua itu:

Kadangkala gue curhat tentang suatu permasalahan ke orang di sekitar gue. Tapi kadangkala orang yang gua jadiin tempat curhat itu ngga ngerti bahwa gue cuma mau sharing ke dia aja, bukan ke orang lain. Apalagi ke orang yang lagi gue curhatin. Hal ini dasar banget sih; gue cerita ke orang itu karna gue percaya dia bakal keep the story. Ya tapi lagi-lagi gue cuma cerita sama manusia, yang bisa salah dan khilaf. Keceplosan, atau dengan polosnya nyeritain itu wajar terjadi. Harusnya lain kali gue ceritanya sama Allah aja, pas di tengah malem sebelum tidur.

Maksud gue gini loh gaes, gue selalu keep storynya dia, pasti dia ga tau tentang hal itu, tapi ya masa dia umbar-umbar cerita gue ke orang lain, ya kali. 

Ah, sudahlah sepertinya gue kecapean ngetik dan kehabisan kata-kata untuk melanjutkan kisah ini. Tapi poinnya udah dapet; 
Intinya, hal-hal yang ngga kejadian di depan mata lo; jangan pernah lo anggep hal itu ngga ada atau ngga benar-benar terjadi.
 
Ya, nyambung ga nyambung, intinya gue cuma mau curhat, lah. Makasih udah dengerin.




Untuk kalian yang menganggap saya toxic; saya minta maaf. Ketemuan yuk. Let's be friend (again).

Related Articles

0 comments:

Post a Comment